Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Fasilitas Kamar terhadap Loyalitas Tamu dengan Kepuasan sebagai Variabel Mediasi di Pangeran Beach Hotel Padang.
Keywords:
Kualitas Pelayanan, Fasilitas Kamar, Kepuasan Tamu, Loyalitas TamuAbstract
Penelitian ini tujuannya untuk mengetahui seberapa besar pengaruh fasilitas dan kualitas pelayanan kamar di Hotel Pangeran Beach Padang terhadap loyalitas tamu, dengan kepuasan sebagai variabel mediasi. Jenis penelitian ini memakai metode deskriptif kuantitatif dengan pendekatan asosiatif kausal (sebab akibat) melalui metode survei. Sampel yang dipakai sebanyak 150. Kualitas pelayanan (X1), fasilitas kamar (X2), dan kepuasan tamu (Z) semuanya berada pada kategori sedang, dengan skor masing-masing yang besarnya 4,06, 3,93, 4,01, dan 3,98. Data dianalisis memakai statistik deskriptif dan SEM (PLS). Hipotesis diuji memakai t-statistik dan nilai-p. Jika t-statistik melebihi t-tabel atau nilai-p tidak melebihi 0,05, maka hipotesis terkonfirmasi. Temuan penelitian memperlihatkan bahwa variabel X1 secara signifikan mempengaruhi variabel Z (t-statistik 5,188) dan variabel Y (t-statistik 3,842). Selanjutnya, variabel Z (t-statistik 5,024) dan variabel Y (t-statistik 3,107) secara signifikan dipengaruhi oleh variabel X2. Berikutnya, variabel Z memperlihatkan dampak yang kuat pada variabel Y, sebagaimana dibuktikan oleh t-statistiknya yang besarnya 2,078. Disamping itu, ditemukan bahwa, melalui t-statistik 1,726 untuk variabel X1 dan t-statistik 2,306 untuk variabel X2, tiap-tiapnya berdampak pada variabel Y melalui variabel Z. Setiap hipotesis dalam penelitian ini diterima.