STRATEGI PROMOSI DESTINASI WISATA PULAU ANGSO DUO KOTA PARIAMAN

Authors

  • Desti Ayu Arini Universitas Negeri Padang Author
  • Hijriyantomi Suyuthie Universitas Negeri Padang Author

Keywords:

Strategi Promosi, destinasi wisata

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya peningkatan kesadaran terhadap keempat elemen promosi yaitu iklan, penjualan personal, promosi penjualan, dan pemasaran langsung di Pulau Angso Duo Kota Pariaman. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan strategi promosi yang efektif untuk Pulau Angso Duo Kota Pariaman dengan menerapkan analisis SWOT, studi ini bertujuan untuk secara deskriptif mengevaluasi faktor internal, termasuk kekuatan dan kelemahan, serta faktor eksternal, seperti peluang dan ancaman, melalui pengumpulan data kualitatif. melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi dari informan penelitian yang dipilih secara sengaja. Proses analisis data melibatkan langkah-langkah seperti mereduksi data, menyajikan data, mengambil keputusan, serta menganalisis strategi dengan memanfaatkan metode SWOT. Temuan penelitian menunjukkan adanya faktor internal yang terdiri dari kekuatan dan kelemahan dalam upaya pengembangan daya tarik sektor pariwisata di Pulau Angso Duo Kota Pariaman, serta faktor eksternal yang mencakup peluang dan ancaman. Sebagai strategi promosi di Pulau Angso Duo Kota Pariaman, direkomendasikan: 1) Memanfaatkan platform media sosial seperti Instagram, Facebook, TikTok, dan YouTube sebagai sarana promosi periklanan. 2) Membuat konten visual menarik dan informatif. 3) Mengajak influencer dari dalam maupun luar negeri yang populer di media sosial dengan banyak pengikut untuk memperkenalkan Pulau Angso Duo.4) Pengembangan aplikasi destinasi pariwisata Kota Pariaman yang bertujuan mempermudah pengunjung dalam mendapatkan informasi tentang berbagai objek wisata di wilayah tersebut, khususnya Pulau Angso Duo.

Downloads

Published

2024-06-05

How to Cite

STRATEGI PROMOSI DESTINASI WISATA PULAU ANGSO DUO KOTA PARIAMAN. (2024). Fillgap in Management and Tourism, 2(1), 78-84. https://fillgap.id/index.php/fillgap/article/view/62

Most read articles by the same author(s)