Pengaruh Online Promotion dan Online Customer Review Terhadap Keputusan Pembelian Jasa Kamar di Hotel Aston Inn Gideon Batam

Authors

  • Syaufiaturrasyida Universitas Negeri Padang Author
  • Nidia Wulandari Universitas Negeri Padang Author

Keywords:

online customer review, Keputusan Pembelian Kamar

Abstract

Penelitian ini didasarkan pada masalah yang berkaitan dengan online promotion, online customer review, dan keputusan pembelian. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi dan menganalisis pengaruh online promotion dan online customer review terhadap keputusan pembelian jasa kamar di Hotel Aston Inn Gideon Batam. Adapun responden yang berpartisipasi dalam penelitian ini adalah tamu yang pernah menginap di hotel tersebut antara April hingga Mei 2025, dengan total sampel sebanyak 182 orang yang diperoleh melalui teknik nonprobability sampling. Metode pengumpulan menggunakan kuesioner yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel Online Promotion memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian, yang ditunjukan dengan nilai koefisien regresi sebesar 0,418 dengan nilai signifikasi sebesar 0,000 < 0,05. Sementara itu, pengujian terhadap variabel Online Customer Review juga menunjukkan pengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian, yang dibuktikan dengan nilai koefisien regresi sebesar 0,512 dengan nilai signifikasi sebesar 0,000 < 0,05.

Downloads

Published

2025-06-04

How to Cite

Pengaruh Online Promotion dan Online Customer Review Terhadap Keputusan Pembelian Jasa Kamar di Hotel Aston Inn Gideon Batam. (2025). Fillgap in Management and Tourism, 3(2), 456-459. https://fillgap.id/index.php/fillgap/article/view/171