Pengaruh Halal Awareness Terhadap Keputusan Pembelian Kamar (Studi Pada Muslim Friendly Hotel Rangkayo Basa Kota Padang)
Keywords:
HALAL AWARENESS, KEPUTUSAN PEMBELIAN, Muslim Friendly HotelAbstract
Fokus penelitian ini adalah perilaku pembelian kamar hotel dalam konteks muslim friendly hotel, dengan penekanan khusus pada Hotel Rangkayo Basa di Kota Padang. Tingkat hunian kamar hotel selama periode waktu tertentu menunjukkan betapa pentingnya membuat keputusan tentang pembelian kamar dalam konteks hotel syariah. Konsep kesadaran halal (Halal Awareness) disebut sebagai faktor yang memengaruhi keputusan pelanggan untuk membeli kamar hotel. Kemampuan seseorang untuk merasakan dan mempresepsi suatu peristiwa atau objek sesuai dengan konsep halal dalam Islam disebut kesadaran halal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Hotel Rangkayo Basa memiliki tingkat kesadaran halal dan keputusan pembelian yang baik, dengan pengaruh positif sebesar 13%. Untuk mencapai target hunian kamar, hotel disarankan untuk meningkatkan kesadaran halal. Penelitian ini dapat dijadikan sebagai referensi dalam bidang pemasaran jasa. Penelitian lanjutan diharapkan untuk memperluas penelitian dengan memasukkan elemen lain.

