Pengaruh Brand Awareness Terhadap Keputusan Pembelian Jasa Kamar Di Hotel Rangkayo Basa Padang Panjang
Abstract
Hal yang melatar belakangi penelitian ini ialah beberapa permasalahan tingkt occupancy tidak memenuhi target, konsumen mendapatkan kesan yang kurang menarik sehingga menganggu kenyamanan, seperti pelayanan, ketersediaan produk, dan kualitas produk, kelengkapan fasilitas hotel yang kurang memadai, serta hotel Rangkayo Basa Padang Panjang belum menjadi pilihan utama bagi tamu untuk tempat menginap. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan melaksanakan analisis mengenai dampak dari Brand Awareness pada keputusan membeli jasa kamar. Penelitian ini tergolong dalam jenis deskriptif melalui data kuantitatif.
Data yang dipakai pada penelitian termasuk dalam jenis data primer dan sekunder. Responden daam penelitian ini yakni pengunjungn pada hotel Rangkayo Basa Padang Panjan. Sampel untuk penelitian diraih pada angka 240 pengunjung, yang ditetapkan melalui penggunaan teknik purposive sampling. Kuesioner dirancang memakai likert yang sudah teruji terhadap kevalidan dan kereliabelannya yang dipakai menjadi instrument dalam mengumpulkan data. SPSS 26.00 dipakai dalam membantu dalam melakukan pengolahan data pada penelitian.
Hasil penelitian diraih hasil bahwa bran awareness msuk pada kategori tidak baik dengan skor 2,50 dan keputusan pembelian masuk pada kategori cukup baik dengan skor 3,02. Berdasarkan hasil dari pengujian regresi linear sederhana telah diraih angka F melalui perhitungan 1987,083 disertai Sig 0,000 < 0.05 jadi regresi bisa digunakan. Maknanya Brand awareness memberikan pengaruh dengan signifikan pada keputusan dalam membeli suatu produk. Berdasarkan dari angka R square yang nilainya 0,988, maknanya variabel Brand awareness memberikan pengaruh dengan angka 98,8% pada Keputusan pembelian di Hotel Rangkayo Basa Padang Panjang dan 1,2% mendapat pengaruh dari variabel lainnya yang tidak ditinjau pada penelitian ini.

