Keputusan Pembelian Kamar Berdasarkan Promosi Di The Balcone Hotel & Resort
Keywords:
Keputusan, PromosiAbstract
Penelitian ini di latar belakangi oleh keputusan pembelian ulang melalui promosi di The Balcone Hotel & Resort. Penelitian ini diklasifikasikan sebagai penelitian kuantitatif dengan metode yang dipakai assosiatif kausal. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah variabel X (promosi) dan variabel Y (keputusan pembelian). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh tamu yang berkunjung di The Balcone Hotel & Resort. Sampel penelitian sebanyak 125 tamu, data dikumpulkan dngan cara menyebarkan koesioner yang telah di uji validitas dan reliabilitasnya. Analisi data yang digunakan adalah uji normalitas,uji homogenitas,uji linearitas, untuk pengujian hipotesih digunakan uji regresi linear sederhana dan uji koefisien determinasi dengan bantuan SPSS.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa promosi (X) secara keseluruhan berada pada kategori cukup baik dengan persentase sebesar 33,6 %, keputusan pembelian (Y) berada pada kategori dengan persentase buruk 36,8 % dengan koefisien regresi sebesar 0,173 dengan nilai sig. 0,02 < 0,05. Artinya setiap peningkatan sebesar 1 satuan promosi akan meningkat 0,173 satuan keputusan pembelian. Selanjutnya, diperoleh nilai R square sebesar 0,293, artinya pengaruh variabel (X) terhadap variabel (Y) adalah sebesar 39,8%. Sedangkan 61,2% dipengaruhi oleh faktor lain

