PENGARUH PROMOSI MELALUI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM TERHADAP KEPUTUSAN MENGINAP DI VILLA AIR MANIS HILLS RESIDENCE
Abstract
Penelitian ini diawali dengan ditemukannya tingkat hunian kamar Villa Air Manis Hill Residence yang tidak mencapai target. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media sosial instagram terhadap keputusan menginap di Villa Air Manis Hill Residence. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode assosiatif kausal. Populasi dalam penelitian ini adalah tamu yang menginap di Villa Air Manis Hills Residence dengan sampel sebanyak 130 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan menyebar angket/kuisoner. Uji instrumen menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas. Pengolahan dan analisis data yang digunakan adalah tabulasi data dan deskripsi data. Uji persyaratan analisis menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan uji linearitas. Pengujian hipotesis penelitian menggunakan analisis regresi sederhana. Hasil penelitian ini adalah 1) Promosi media sosial Villa Air Manis Hill Residence menunjukan kategori cukup dengan persentase 63,2%, 2) Keputusan menginap di Villa Air Manis Hill Residence menunjukkan kategori cukup dengan pesersentase 67,6%, 3) Pengaruh variabel promosi media sosial terhadap keputusan menginap adalah 15,2% dengan nilai sinifikansi sebesar 0,00 < 0,05 dengan demikian X berpengaruh terhadap Y.
Keywords: Promosi, Media Sosial, Menginap