STRATEGI MARKETING MIX (4P) DI UNP HOTEL & CONVENTION KOTA PADANG
Abstract
Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan metode analisis SWOT yang bertujuan untuk melihat strategi marketing mix (4P) di UNP Hotel & Convention Kota Padang. Teknik pengumpulan data yaitu melalui observasi, dokumentasi, dan wawancara penulis terhadap satu orang general manager (GM), satu orang sales & marketing coordinator, satu orang receptionist, dan dua orang tamu dengan menggunakan panduan wawancara.
Faktor-faktor yang menjadi kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman yang dihadapi oleh UNP Hotel & Convention Padang yaitu, lokasi yang strategis di tengah kota, dekat dari kampus UNP dan akses ke tempat umum sangat mudah dan tidak memakan waktu terlalu lama. Memiliki ballroom yang mampu menampung hingga 1000 pax, kamar yang disediakan nyaman dan luas, harga product terjangkau. Kelemahan yaitu, UNP Hotel & Convention Padang masih sangat baru, fasilitas kamar masih kurang, dan tidak memiliki kolam renang dan gym, fasilitas SPA masih bekerjasama dengan pihak lain. Peluang yang dimiliki oleh UNP Hotel & Convention Padang promosi menggunakan media sosial, berada di area kampus UNP, dan peluang utama adalah corporate dan kantor kedinasan karena harga yang terjangkau. Tingginya tingkat persaingan sehingga memunculkan ancaman bagi UNP Hotel & Convention Padang adapun ancamannya yaitu, kalah saing dengan hotel komersial lainnya yang menawarkan harga yang lebih murah. Kemudian hotel komersial lainnya memiliki fasilitas yang lebih lengkap, selain itu tamu yang royal terhadap hotel-hotel yang telah ternama dan tidak menjadikan UNP Hotel & Convention Padang sebagai suatu pilihan, perkembangan teknologi pelayanan di bidang usaha perhotelan.
Keywords: Strategi Marketing Mix (4P), SWOT, Fasilitas