PENGARUH JOB SATISFACTION DAN ORGANIZATIONAL CULTURE TERHADAP ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOR DI FAVEHOTEL NAGOYA BATAM

Authors

  • Eliza Aura D-4 Manajemen Pariwisata & Perhotelan Universitas Negeri Padang Author
  • Violinthika Harmawan Universitas Negeri Padang Author

Keywords:

Job Satisfacation, Organizational Culture, Organizational Citizenship

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Pengaruh Job Satisfaction Dan Organizational Culture Terhadap Organizational Citizenship Behavior (OCB) Pada Staf Favehotel Nagoya Batam. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena rendahnya perilaku OCB seperti kurangnya inisiatif staf, minimnya kerjasama antar rekan kerja, serta tingkat job satisfaction dan organizational culture yang belum optimal. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan asosiatif kausal. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner tertutup yang disebarkan kepada 43 responden yang merupakan staf Favehotel Nagoya Batam. Analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik regresi linier berganda dengan bantuan perangkat lunak SPSS versi 27.00. Hasil penelitian menunjukkan bahwa job satisfaction berada dalam kategori baik dengan tingkat pencapaiannya 77,67%, organizational culture berada dalam kategori sangat baik dengan tingkat pencapaiannya 86,21%, dan organizational citizenship behavior berada dalam kategori baik dengan tingkat pencapaiannya 84,36%. Secara parsial, job satisfaction dan organizational culture berpengaruh positif dan signifikan terhadap OCB. Dan secara simultan, kedua variabel independen ini memberikan kontribusi signifikan terhadap peningkatan OCB staf. Temuan ini menyimpulkan bahwa peningkatan job satisfaction dan organizational culture yang kuat dapat mendorong perilaku kerja ekstra peran yang mendukung efektivitas organisasi. Penelitian ini memberikan implikasi bagi manajemen hotel untuk merancang strategi pengembangan sumber daya manusia yang berfokus pada peningkatan job satisfaction dan organizational culture demi terciptanya lingkungan kerja yang produktif dan kolaboratif.

Downloads

Published

2025-07-17

How to Cite

PENGARUH JOB SATISFACTION DAN ORGANIZATIONAL CULTURE TERHADAP ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOR DI FAVEHOTEL NAGOYA BATAM. (2025). Fillgap in Management and Tourism, 3(2), 499-506. https://fillgap.id/index.php/fillgap/article/view/183