Pengaruh Fasilitas Hotel dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Tamu di Hotel Bukik Gadang Sijunjung

Authors

  • Isal Ardiyansa Universitas Negeri Padang Author
  • Kurnia Illahi Manvi Universitas Negeri Padang Author

Keywords:

Fasilitas Hotel, Kualitas Pelayanan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh fasilitas hotel dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan tamu di Hotel Bukik Gadang Sijunjung. Latar belakang penelitian didasari oleh fluktuasi tingkat hunian dan keluhan yang disampaikan oleh tamu terkait fasilitas dan pelayanan di Hotel Bukik Gadang Sijunjung yang berdampak pada rendahnya tingkat kepuasan tamu. Metode penelitian memakai pendekatan kuantitatif melalui teknik survei yang memanfaatkan kuesioner berskala Likert yang dibagikan kepada 120 responden dengan teknik purposive sampling. Data dianalisis menggunakan pengujian regresi linear berganda menggunakan bantuan SPSS versi 26. Temuan penelitian mengindikasikan bahwa fasilitas hotel berpengaruh positif signifikan terhadap kepuasan tamu dengan koefisien regresi sebasar 0,565 dan nilai signifikan 0,000. Kualitas pelayanan juga berpengaruh positif signifikan dengan koefisien regresi 0,309 dan nilai signifikansi 0,000. Secara simultan, kedua variabel menjelaskan 93,8% variasi kepuasan tamu. Temuan ini menekankan pentingnya penyediaan fasilitas yang lengkap dan pemberian kualitas pelayanan prima dalam meningkatkan kepuasan tamu di Hotel Bukik Gadang Sijunjung.

Kata Kunci : Fasilitas Hotel, Kualitas Pelayanan, Kepuasan Tamu, Hotel Bukik Gadang Sijunjung

Downloads

Published

2025-08-15

How to Cite

Pengaruh Fasilitas Hotel dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Tamu di Hotel Bukik Gadang Sijunjung. (2025). Fillgap in Management and Tourism, 3(2), 593-598. https://fillgap.id/index.php/fillgap/article/view/214