Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan di Caffe Gaul Painan

Authors

  • Egit Jamber Universitas Negeri Padang Author
  • Adek Kurnia Fiza Author

Keywords:

Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pelanggan

Abstract

Permasalahan yang berkaitan dengan kualitas pelayanan dan kepuasan pelanggan di Café Gaul Painan menjadi fokus penelitian ini. Khususnya, penelitian ini berfokus pada pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan bentuk asosiatif kausal, yang dilaksanakan di Café Gaul Painan, Kabupaten Pesisir Selatan. Variabel penelitian terdiri dari variabel bebas (kualitas pelayanan) dan variabel terikat (kepuasan pelanggan), dengan sampel sebanyak 96 responden yang merupakan pelanggan yang pernah melakukan pembelian di café tersebut. Pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran angket yang disusun menggunakan skala Likert. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelanggan menilai kualitas pelayanan di Café Gaul Painan dengan baik, dengan persentase 56,25%, dan kepuasan pelanggan juga baik, dengan persentase 41,66%. Menurut analisis regresi linier sederhana, variabel kualitas pelayanan secara signifikan mempengaruhi kepuasan pelanggan, dengan nilai Adj. R Square 0,313, yang menunjukkan kontribusi sebesar 31,3%. Namun, sebanyak 68,7% dari faktor-faktor lain diluar variable yang diteliti juga mempengaruhi kepuasan pelanggan

Downloads

Published

2024-06-03

How to Cite

Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan di Caffe Gaul Painan. (2024). Fillgap in Management and Tourism, 2(1), 15-20. https://fillgap.id/index.php/fillgap/article/view/42