Pengaruh Place Attachment Terhadap Revisit Intention di Daya Tarik Wisata Gunung Padang Sumatera Barat
Keywords:
Place Attachment, Revisi Intention, Daya TarikAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh Place Attachment terhadap revisit intention di Gunung Padang, Sumatera Barat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana place attachment mempengaruhi revisit intention ke Gunung Padang, salah satu lokasi wisata populer di Sumatera Barat.. Penelitian ini termasuk kepada analisis deskriptif kuantitatif yang bersifat asosiatif kausal dengan uji kuesioner atau angket. Jenis yang digunakan yaitu data primer dan sekunder. Orang yang pernah mengunjungi Gunung Padang adalah populasinya. Purposive sampling dengan metode pengambilan sampel non-probabilitas, digunakan dalam sampel.. Besar sampel yang digunakan adalah 100 responden. Menggunakan kuesioner skala Likert yang diuji validitas dan reliabilitasnya. SPSS 23.00 digunakan untuk mengolah data penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel place attachment masuk dalam kategori cukup baik, dengan total sebesar 57,28% nilai tingkat capaian responden, dan variabel revisit intention masuk dalam kategori sama, dengan total sebesar 61,34 nilai tingkat capaian responden. Hasil uji regresi linier sederhana diperoleh nilai F sebesar 110,331 dengan tingkat signifikansi 0,000 < 0,05. dan nilai t yang diperoleh sebesar 10,504 dengan tingkat signifikansi 0,000 < 0,05 artinya variabel X menjelaskan variabel Y secara signifikan. Jadi variabel place attachment berhubungan dengan revisit intention, maka Ha diterima dan Ho ditolak. Dengan taraf signifikansi 0,000 < 0,05 maka hasil uji regresi linier sederhana menunjukkan nilai F sebesar 110,331 yang berarti setiap kenaikan 1 tempat attachment (X) maka akan terjadi peningkatan niat berkunjung kembali (Y) sebesar 1,043 satuan.

