Pengaruh Utilitarian Value Terhadap Loyalitas Tamu di Hotel Pangeran City Padang

Authors

  • Mohd. Isra Dwiputra Universitas Negeri Padang Author
  • Rian Surenda Universitas Negeri Padang Author

Keywords:

Utilitarian Value, Loyalitas Tamu

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh meningkatnya industri perhotelan di dunia maupun di Indonesia. Hotel Pangeran City menghadapi tantangan mempertahankan loyalitas tamu ditengah persaingan yang ketat. Fenomena menarik terjadi meskipun banyak ulasan negatif di internet, banyak tamu yang tetap menginap karena menghargai utilitarian value yang berikan oleh hotel seperti fasilitas yang memadai, lokasi yang strategis, dan pelayanan yang konsisten. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh utilitarian valueterhadap loyalitas tamu di Hotel Pangeran City Padang. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan asosiatif kausal. Sampel ditentukan menggunakan rumus slovin dengan tingkat kesalahan 10% sehingga diperoleh 100 responden melalui teknik purposive sampling dengan kriteria tamu yang telah menginap minimal 2 kali dan berusia minimal 17 tahun. Instrumen penelitian berupa angket yang disusun menurut skala likert yang telah diuji validitas dan reliabilitas. Data dianalisis menggunakan SPSS versi 25.00 dengan teknik regresi linear sederhana.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa utilitarian value di Hotel Pangeran City Padang tergolong baik dengan hasil TCR sebesar 84,1% Loyalitas tamu tergolong sangat baik dengan hasil TCR 85,8%. Hasil uji regresi linear sederhana menunjukkan bahwa utilitarian value berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas tamu dengan nilai F hitung 78,829 dan signifikansi 0,000 < 0,05. Persamaan regresi Y= 10,943 + 0,439X menunjukkan bahwa setiap peningkatan 1 satuan utilitarian value akan meningkatkan loyalitas tamu sebesar 0,439 satuan. Koefisien Determinasi (R2) sebesar 0,446 menunjukkan bahwa utilitarian value memberikan kontribusi sebesar 44,6% terhadap loyalitas tamu, sedangkan 55,4% dipengaruhi faktor lain di luar penelitian ini.

Berdasarkan penelitian, disimpulkan bahwa variabel utilitarian value dapat mempengaruhi loyalitas tamu di Hotel Pangeran City Padang. Hotel perlu mempertahankan dan meningkatkan aspek – aspek utilitarian value terutama kualitas layanan dan memperoleh skor terendah, serta memperkuat brandimage untuk meningkatkan loyalitas tamu secara keseluruhan.

Downloads

Published

2025-08-10

How to Cite

Pengaruh Utilitarian Value Terhadap Loyalitas Tamu di Hotel Pangeran City Padang. (2025). Fillgap in Management and Tourism, 3(2), 523-529. https://fillgap.id/index.php/fillgap/article/view/196