Pengaruh Online Review dan Online Rating Terhadap Keputusan Pembelian Kamar (Studi Kasus Pada Online Travel Agent di Pangeran Beach Hotel Padang)

Authors

  • Ilham El Fikri S Universitas Negeri Padang Author
  • Waryono Universitas Negeri Padang Author

Keywords:

Pengaruh Online Review, Keputusan Pembelian Kamar

Abstract

Fenomena masalah yang ditemukan oleh peneliti mengenai keputusan pembelian kamar melalui online travel agent di Pangeran Beach Hotel Padang melatarbelakangi penelitian ini.  Penelitian ini dilaksanakan dengan pendekatan kuantitatif dan menggunakan metode asosiatif kausal melalui teknik kuantitatif ini untuk mengungkap hubungan antar variabel Online review dan Online Rating. Pelanggan yang pernah melakukan pembelian kamar melalui online travel agent di Pangeran Beach Hotel Padang menjadi populasi di penelitian ini, diperoleh sampel sebanyak 96 responden. Hasil analisis ini pada variabel Online review sebesar 77,95% dengan kriteria cukup, variabel Online Rating sebesar 86,5% dengan kriteria baik, dan variabel keputusan pembelian kamar sebesar 84.185% dengan kategori baik. Didapatkan hasil Fhitung 50.840 signifikan 0,000 < 0,05 yang menegaskan bahwa uji regresi linear berganda valid dan dapat digunakan. Ini menunjukkan Online review dan Online Rating berperan penting dalam keputusan pembelian kamar. Adjusted R Square sebesar 0,512 berarti bahwa variabel online review dan online rating mengartikan bahwa variabel Keputusan pembelian kamar sebesar 51,2%, sementara yaitu 48,8%, dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak termasuk dalam penelitian.

Downloads

Published

2024-08-26

How to Cite

Pengaruh Online Review dan Online Rating Terhadap Keputusan Pembelian Kamar (Studi Kasus Pada Online Travel Agent di Pangeran Beach Hotel Padang). (2024). Fillgap in Management and Tourism, 2(2), 196-208. https://fillgap.id/index.php/fillgap/article/view/83

Most read articles by the same author(s)

<< < 5 6 7 8 9 10 11 > >>