Strategi Promosi Daya Tarik Wisata Sejarah Lubang Jepang Gunung Pangilun
Keywords:
Strategi Promosi, Daya Tarik WisataAbstract
Keberadaan wisata di suatu daerah dapat memperbaiki perekonomian warga sekitar objek wisata tersebut. Akan tetapi jika promosi yang dilakukan oleh pihak terkait masih kurang, maka akan berdampak pada intensitas kunjungan wisatawan dan jangkauan wisatawan yang akan datang untuk berkunjung. Seperti yang terjadi di objek wisata Lubang Jepang Gunung Pangilun. Salah satu cara yang efektif untuk mempromosikan objek wisata yaitu dengan promosi online. Dengan menggunakan promosi online yang dilengkapi dengan informasi pengenalan tempat, jarak lokasi, kondisi alam dan tampilan dan peta lokasi dapat menjadikan wisatawan akan lebih tertarik dan merasa nyaman, sehingga objek wisata akan lebih dikenal oleh masyarakat luas dan semakin meningkatkan jumlah wisatawan yang berkunjung.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi promosi yang dilakukan di Daya Tarik Wisata Sejarah Lubang Jepang Gunung Pangilu. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan metode deskriptif. Penelitian ini dilakukan di objek wisata Lubang Jepang Gunung Pangilun Padang pada Oktober – November 2023. Penentuan informan penelitan menggunakan teknik purposive sampling dengan total 7 informan. Data yang digunakan adalah data primer berupa komunikasi langsung dengan informan dilakukan dengan tahap observasi, wawancara, dokumentasi dan data sekunder yang diperoleh dari dokumen-dokumen Dinas Pariwisata Kota Padang yang berupa buku profil pariwisata Kota Padang beserta buku profil Kota Padang. Teknik pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan tringulasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis induktif, analisis deduktif dan analisis SWOT.
Hasil penelitian disimpulkan bahwa Lubang Jepang dapat mengembangkan strategi promosi yang efektif dengan memanfaatkan kolaborasi, teknologi modern, dan keterlibatan masyarakat lokal. Kerjasama dengan pihak terkait seperti Dinas Pariwisata dan pelaku bisnis lokal, serta pemasaran melalui media sosial, dapat meningkatkan visibilitas dan pemahaman masyarakat tentang nilai sejarah destinasi ini. Selain itu, keterlibatan masyarakat lokal dalam pengembangan dan promosi menciptakan pengalaman autentik yang menarik bagi wisatawan. Strategi-strategi yang menggabungkan kekuatan dan peluang (SO) serta kekuatan dan ancaman (ST) memastikan Lubang Jepang dapat menonjol di tengah persaingan dan siap menghadapi perubahan lingkungan atau risiko alam. Penyesuaian pesan promosi sesuai kebutuhan audiens dan pengembangan strategi cadangan juga penting untuk menjaga keberlanjutan destinasi.