Optimalisasi Kualitas Pelayanan di Museum Tuanku Imam Bonjol
Keywords:
Optimalisasi Kualitas, PelayananAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh ulasan pengunjung yang tah berkunjung ke Museum Tuanku Imam Bonjol. Hal ini dilihat dari ulasan pengunjung yang berisi keluhan pengunjung mengenai beberapa masalah yang perlu menjadi perhatian pihak petugas maupun pengelola museum yaitu keluhan mengenai jam buka operasional museum, aksesibilitas menuju ke pantai yang masih rusak, fasilitas tempat sampah, tempat duduk dan toilet yang masih kurang tersedia, beberapa fasilitas yang tidak berfungsi serta pengeolaan pelayanan wisata yang masih belum maksimal. Tujuan khusus dari penelitian ini yaitu mengoptimalkan kualitas pelayanan di Museum Tuanku Imam Bonjol. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan metode deskriptif melalui teknik yang dipakai dalam mengumpulkan data yakni mencakup atas wawancara, observasi dan dokumentasi. Informan kunci pada penelitian ini yakni informan 3 orang pengunjung Museum Tuanku Imam Bonjol, 1 orang petugas Museum Tuanku Imam Bonjol dan 1 orang pengelola Museum Tuanku Imam Bonjol. Teknik untuk menganalisis data diadakan lewat reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Temuan dari penelitian ini memperlihatkan optimalisasi kualitas pelayanan di Museum Tuanku Imam Bonjol yaitu dengan petugas maupun pengelola menerima kritik dan saran dari pengunjung melalui ulasan dari review online maupun secara langsung, memperbaiki pelayanan yang ada di museum, menyebarluaskan informasi yang berhubungan dengan Museum Tuanku Imam Bonjol serta melakukan evaluasi secara berkala.