Pengaruh Electronic Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Kamar di The Balcone Suite & Resort Bukittinggi

Authors

  • dede agustino UNIVERSITAS NEGERI PADANG Author
  • Nidia Wulansari, S.E., M.M. Universitas Negeri Padang Author

Keywords:

Electronic Word of Mouth, Keputusan pembelian kamar

Abstract

Studi ini menyelidiki pengaruh Electronic Word of Mouth terhadap keputusan tamu untuk pembelian kamar di The Balcone Suite &Resort Bukittinggi.EWOM, jenis komunikasi konsumen online, dapat memengaruhi pengambilan keputusan pembelian karena menyampaikan pengalaman tamu sebelumnya, yang dapat memengaruhi persepsi dan kepercayaan pelanggan.. EWOM sebagai bentuk komunikasi konsumen secara daring dinilai memiliki pengaruh signifikan terhadap pengambilan keputusan pembelian, karena mencerminkan pengalaman tamu sebelumnya yang dapat mempengaruhi persepsi dan kepercayaan calon konsumen. Studi ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang menggunakan teknik deskriptif asosiatif.Data dikumpulkan melalui peninjauan online ulasan hotel dan kuesioner kepada seratus orang yang pernah menginap.EWOM dengan indikator intensitas, valensi opini, dan konten adalah variabel independen dalam penelitian ini.Namun, variabel dependen adalah keputusan pembelian , yang terdiri dari lima tahap: identifikasi masalah, mencari informasi, melakukan evaluasi alternatif, membuat keputusan pembelian, dan bertindaksetelah pembelian. Hasil analisis regresi menunjukkan bahwa EWOM memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian kamar dengan nilai koefisien determinasi (R2) sebesar 43,4%. Ini menunjukkan bahwa persepsi konsumen tentang kualitas dan volume informasi yang didistribusikan secara elektronik dapat memengaruhi keputusan mereka. Menurut penelitian ini, hotel harus lebih responsif dalam mengelola ulasan online sebagai bagian dari strategi pemasaran mereka dan untuk meningkatkan layanan mereka.

Downloads

Published

2025-08-10

How to Cite

Pengaruh Electronic Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Kamar di The Balcone Suite & Resort Bukittinggi. (2025). Fillgap in Management and Tourism, 3(2), 580-585. https://fillgap.id/index.php/fillgap/article/view/190

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >>